Desy, Susanti and Utia, Virli Susanti (2023) Penerapan strategi one minute mirror untuk merencanakan pembelajaran di kelas V SD Negeri 017. Kurikula: Jurnal Pendidikan, 7 (2): 2. pp. 71-77. ISSN 2746-4903
2746-4903_7_2_2023-2.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
Abstract
Penerapan strategi One Minute Mirror untuk merencanakan pembelajaran siswa menjadi tujuan utama dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan latar belakang rendahnya pembelajaran IPA siswa kelas V pada tahun pelajaran 2022-2023. Peserta penelitian adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 12 anak laki-laki dan 14 anak perempuan Sehingga total 26 orang siswa. Selain itu, tujuan penelitian ini adalah menerapkan strategi one minute mirror untuk merencanakan pembelajaran siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini didapatkan dengan teknik observasi dan tes. Sebelum kegiatan, 13 siswa menyelesaikan tindakan atau mencapai 50,00% ketuntasan siswa, namun nilai Siklus I dari 18 siswa sebesar 69,23%. Setelah dilakukan tindakan perbaikan, pada Siklus II diketahui bahwa tingkat ketuntasan siswa sebanyak 24 siswa, atau tingkat ketuntasan siswa sebesar 92,31%. Artinya hasil belajar siswa mencapai 75% dari KKM yang ditetapkan atau 75. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi One Minute Mirror meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD 017 Ranah Singkuang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi cermin satu menit, Hasil belajar sains, Academic achievements, Learning methods, Primary education |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - mayang - |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 02:34 |
Last Modified: | 04 Apr 2024 02:34 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23820 |