Strategi social media marketing di masa pandemi covid-19 terhadap peningkatan business value UMKM

Holmes, Rolandy Kapuy and Gusstiawan, Raimanu and Serlia, R. Lamandasa (2023) Strategi social media marketing di masa pandemi covid-19 terhadap peningkatan business value UMKM. Jurnal Simki Economic, 6 (1): 18. pp. 177-190. ISSN 2599-0748

[thumbnail of 2599-0748 _6_1_2023_18.pdf]
Preview
Text
2599-0748 _6_1_2023_18.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kajian empiris bahwa pelaku UMKM harus mampu memanfaatkan teknologi sebagai salah satu strategi bisnis pada masa pandemi COVID-19. Social media marketing merupakan salah satu strategi yang dapat ditempuh pelaku UMKM dalam upayanya meningkatkan business value dan relationship quality terhadap konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis berdasarkan kausalitas antar variabel yaitu social media marketing dengan variabel online communities, interaction, sharing content, accessibility dan credibility pada business value bagi para UMKM sebagai pengguna media sosial dalam menjalankan bisnis. Jenispenelitian yang digunakan dalam studi ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 130 responden UMKM di Kabupaten Poso. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan onlinesurvey yang didistribusikan secara daring melalui platform media sosial. Teknik pengolahan data dilakukan dengan analisis statistik multiple linear regression menggunakan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Online Communities (X1), Sharing of Content (X3), Credibility (X5) mempengaruhi variabel Business Value (Y). Dan secara simultan, Variabel Online Communities (X1), Interaction (X2), Sharing of Content (X3), Accessibility (X4), Credibility (X5) berpengaruh positif terhadap Business Value (Y) dengan koefisien determinasi sebesar 70% sedangkan sisanya 30% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Social media Marketing, Business value, UMKM, Social media, Marketing techniques, Small scale enterprises
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 04 Apr 2024 00:30
Last Modified: 04 Apr 2024 00:30
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23810

Actions (login required)

View Item
View Item