Juliana, Wahyuni Siregar and Zainal, Azis and Zulfi, Amri (2022) Representasi matematis dan self confidence pada model reciprocal dan student facilitator explaining. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 7 (1): 8. pp. 59-66. ISSN 2541-2612
2541-2612_7_1_2022-8.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
Abstract
Siswa kesulitan merepresentasikan konsep atau gagasan matematis untuk memutuskan tindakan yang menjadi sebab diperolehnya nilai yang tidak maksimal pada dua kemampuan siswa yaitu representasi matematis dan self confidence sehingga menjadi acuan untuk mendapatkan solusi dalam meningkatkannya melalui pengaplikasian model pembelajaran kooperatif yaitu reciprocal teaching (RT) dan student facilitator and explaining (SFAE). Penelitian ini termasuk penelitian jenis quasi eksperimen dimana kelas VII-A sebagai kelas eksperimen satu yang menggunakan model RT dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dua yang menggunakan model SFAE. Analisis Kovarians (Anacova) dimanfaatkan dalam memperoleh hasil penelitian yaitu: (1) adanya pengaruh pada model pembelajaran (reciprocal teaching & student facilitator and explaining) terhadap representasi matematis, (2) adanya pengaruh pada model pembelajaran (reciprocal teaching & student facilitator and explaining) terhadap self confidence
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan awal matematika, Self confidence siswa, Kemampuan representasi matematis, Model reciprocal teaching, Model student facilitator and explaining, Self confidence, Mathematics education, Learning models (stochastic processes) |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - mayang - |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 02:29 |
Last Modified: | 04 Apr 2024 02:29 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23805 |