Representasi matematis dan self confidence pada model reciprocal dan student facilitator explaining

Juliana, Wahyuni Siregar and Zainal, Azis and Zulfi, Amri (2022) Representasi matematis dan self confidence pada model reciprocal dan student facilitator explaining. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 7 (1): 8. pp. 59-66. ISSN 2541-2612

[thumbnail of 2541-2612_7_1_2022-8.pdf]
Preview
Text
2541-2612_7_1_2022-8.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview

Abstract

Siswa kesulitan merepresentasikan konsep atau gagasan matematis untuk memutuskan tindakan yang menjadi sebab diperolehnya nilai yang tidak maksimal pada dua kemampuan siswa yaitu representasi matematis dan self confidence sehingga menjadi acuan untuk mendapatkan solusi dalam meningkatkannya melalui pengaplikasian model pembelajaran kooperatif yaitu reciprocal teaching (RT) dan student facilitator and explaining (SFAE). Penelitian ini termasuk penelitian jenis quasi eksperimen dimana kelas VII-A sebagai kelas eksperimen satu yang menggunakan model RT dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dua yang menggunakan model SFAE. Analisis Kovarians (Anacova) dimanfaatkan dalam memperoleh hasil penelitian yaitu: (1) adanya pengaruh pada model pembelajaran (reciprocal teaching & student facilitator and explaining) terhadap representasi matematis, (2) adanya pengaruh pada model pembelajaran (reciprocal teaching & student facilitator and explaining) terhadap self confidence

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan awal matematika, Self confidence siswa, Kemampuan representasi matematis, Model reciprocal teaching, Model student facilitator and explaining, Self confidence, Mathematics education, Learning models (stochastic processes)
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 04 Apr 2024 02:29
Last Modified: 04 Apr 2024 02:29
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23805

Actions (login required)

View Item
View Item