Analisis pembelajaran online terhadap kejenuhan belajar matematika siswa

Qurrota, A’yun and Dimas, Anditha Cahyo Sujiwo (2022) Analisis pembelajaran online terhadap kejenuhan belajar matematika siswa. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 7 (1): 7. pp. 52-58. ISSN 2541-2612

[thumbnail of 2541-2612_7_1_2022-7.pdf]
Preview
Text
2541-2612_7_1_2022-7.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview

Abstract

Kejenuhan yang dirasakan oleh setiap siswa terhadap Pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 perlu diperhatikan oleh setiap guru. Kejenuhan ini tentu berpengaruh terhadap proses belajar siswa. Penyebab kejenuhan belajar siswa perlu kita cari sebagai bentuk antisapasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab kejenuhan belajar siswa dalam pembelajaran online. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan segala fenomenna atau peristiwa yang terjadi. Dalam pelaksanaan pembelajaran online, guru menggunakan aplikasi zoom dan Whatsapp sebagai media belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwaberdasarkan aspek kejenuhan belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berupa kegiatan/tugas padat, asupan/makan yang tidak tepat waktu, kelelahan fisik dan mental, faktor eksternal berupa tidak adanya perhatian/arahan penjelasan,repetasi, dan motivasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kejenuhan belajar, Faktor-faktor kejenuhan belajar, Pembelajaran online, Electronic learning, Study boredom, Mathematics education
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 04 Apr 2024 02:06
Last Modified: 04 Apr 2024 02:06
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23799

Actions (login required)

View Item
View Item