Kajian penyebarluasan informasi hasil pengamatan cuaca antariksa menggunakan social network online

Alhadi Saputra, - (2011) Kajian penyebarluasan informasi hasil pengamatan cuaca antariksa menggunakan social network online. In: Seminar Nasional Sains Atmosfer dan Antariksa 2011, 22 November 2011, Puspiptek-Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Saputra_LAPAN_2011.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Saputra_LAPAN_2011.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di zaman yang semakin modern ini, website jejaring sosial merupakan salah satu alat berbagi yang paling efektif. Begitu juga untuk berbagi atau publikasi riset penelitian cuaca antariksa di LAPAN, keberadaan jejaring sosial sangat membantu memperluas publikasi riset cuaca antariksa ke dunia di luar LAPAN. Tujuan kajian ini adalah untuk menelaah dan studi kelayakan dalam mempublikasikan hasil riset cuaca antariksa LAPAN dengan menggunakan media jejaring sosial yang saat ini terkendala sulitnya interaksi antara para peneliti LAPAN dengan pengguna umum. Interaksi yang dimaksud adalah penyebaran informasi penelitian baik antar peneliti LAPAN maupun dengan para pengguna umum yang membutuhkan informasi mengenai penelitian cuaca antariksa yang dilakukan oleh peneliti LAPAN. Untuk keperluan tersebut dilakukan perancangan sistem interaksi antara user dan peneliti, proses penyebarluasan data dan informasi, proses pendokumentasian data dan informasi, proses pengaksesan data dan informasi, serta proses pengamanan data dan informasi hasil riset LAPAN, hasil kajian ini akan dijadikan bahan acuan untuk pembuatan website jejaring sosial internal LAPAN untuk menjadi jembatan antara peneliti dan pengguna umum sehingga informasi serta riset yang dihasilkan peneliti di LAPAN dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Feasibility study, Research, Applications, Social networking
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Diseminasi Hasil litbangyasa dan pemanfaatan > Bidang Sains Antariksa
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains Antariksa
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 28 Sep 2024 23:20
Last Modified: 28 Sep 2024 23:20
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23797

Actions (login required)

View Item
View Item