Analisis prinsip belajar dalam proses pembelajaran matematika kelas VII-D SMPN 2 Gudo

Karolina, Citra Dewi and Citra, Ayu Nur Aini and Muhammad, Rizki and Jauhara, Dian (2022) Analisis prinsip belajar dalam proses pembelajaran matematika kelas VII-D SMPN 2 Gudo. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 7 (1): 5. pp. 37-48. ISSN 2541-2612

[thumbnail of 2541-2612_7_1_2022-5.pdf]
Preview
Text
2541-2612_7_1_2022-5.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar dapat ditingkatkan dengan strategi yang tepat sehingga mampu menarik perhatian siswa. Maka tujuan penelitian ini adalah menganalisis cara guru memunculkan prinsip belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran matematika pada materi bentuk aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian observasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah seorang guru matematika dan 16 siswa kelas VII-D SMPN 2 Gudo. Hasil penelitian menunjukkan prinsip belajar yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dapat membantu guru untuk mengkondisikan siswa untuk belajar dengan hasil maksimum. Dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa guru berhasil memunculkan prinsip-prinsip belajar yaitu perhatian dan motivasi, keaktifan, keterlibatan langsung, pengulangan, tantangan, balikan dan penguatan, dan perbedaan individual. Untuk menciptakan dan menghasilkan kegiatan belajar dan pembelajaran yang berprestatif dan menyenangkan perlu diketahui berbagai landasan tentang prinsip-prinsip belajar karena prinsip belajar ini adalah dasar dalam upaya pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Prinsip belajar, Pembelajaran matematika, Bentuk aljabar, Mathematics education, Algebra, Learning processes
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 02 Apr 2024 12:03
Last Modified: 02 Apr 2024 12:03
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23790

Actions (login required)

View Item
View Item