Penggunaan media color combination square pada materi perkalian dan pembagian pecahan

Helni, Indrayati and Widiawati, Widiawati and Jonni, Jonni (2022) Penggunaan media color combination square pada materi perkalian dan pembagian pecahan. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 7 (1): 3. pp. 20-28. ISSN 2541-2612

[thumbnail of 2541-2612_7_1_2022-3.pdf]
Preview
Text
2541-2612_7_1_2022-3.pdf - Published Version

Download (715kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII setelah diterapkannya metode pembelajaran GASING menggunakan media Color Combination Square. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu kategori desain one shoot case study. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Xaverius Tanjung Sakti yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Dari hasil penelitian menggunakan media Color Combination Square pada materi perkalian dan pembagian pecahan terlihat dari rata-rata indikator dengan masing-masing aktivitas yang paling banyak dilakukan siswa yaitu: aktivitas visual memiliki persentase rata-rata sebesar 91,02%. Aktivitas lisan memiliki persentase rata-rata sebesar 87,8% dan aktivitas menulis memiliki persentase rata-rata sebesar 83,3%. Dan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran matematika GASING menngunakan media color combination square pada materi perkalian dan pembagian pecahan memiliki nilai rata-rata pada tes akhir siswa sebesar 81,23 dan dikategorikan baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: GASING, Pecahan, Mathematics education, Fractions, Secondary education, Academic achievement, Color combination square
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 04 Apr 2024 02:47
Last Modified: 04 Apr 2024 02:47
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23781

Actions (login required)

View Item
View Item