Oslen, Sijabat and Hanter, Manik and Maria, Marta Manao (2022) Perkembangan kemampuan matematis awal siswa kelas X SMKN1 Laweha pada operasi hitung pecahan. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 7 (1): 1. pp. 1-10. ISSN 2541-2612
2541-2612_7_1_2022-1.pdf - Published Version
Download (593kB) | Preview
Abstract
Matematika merupakan ilmu yang banyak memberi sumbangan dalam ilmu lain, dengan demikian matematika juga memiliki peranan dalam membekali siswa untuk menghadapi masa depan . Oleh sebab itu siswa perlu dibekali dalam kemampuan pemahaman matematik, agar dapat menghasilkan siswa yang mampu berpikir kritis, logis, sistematis, dan kreatif. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan pemahaman matematis awal siswa kelas X di SMK N1 Lahewa pada operasi hitung pecahan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain A-B-A, pada desain ini terdapat pengulangan kondisi baseline yang dilakukan, dimana baseline2 diberikan setelah dilakukan intervensi. Berdasarkan analisis dari data hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan pemahaman matematis awal siswa pada Operasi Hitung Pecahan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengukuran kondisi baseline1 (A), intervensi (B) dan kondisi baseline2 (A) yang dilakukan selama 10 hari mengalami peningkatan. Hasil dari pengolahan data level perubahan pemahaman matematis siswa mengalami peningkatan dan dilihat dari persentase overlap menunjukkan 28,57% dan 14,28 % yang artinya pengaruh intervensi (B) terhadap target behaviour sangat baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan matematis awal, Pecahan, Single subject research, Mathematics education, Vocational education, Problem solving, Academic achievement, Learning processes |
Subjects: | Administration & Management > Management Practice Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - mayang - |
Date Deposited: | 02 Apr 2024 02:43 |
Last Modified: | 02 Apr 2024 02:43 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23772 |