Vidlla, Rosalina and Tb, Al Munandar and Rina, Oktaviyanthi (2023) Peningkatan kapasitas dan pemahaman kemampuan penelitian tindakan kelas bagi guru kabupaten Lebak Banten melalui workshop metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif. Jurnal Dharmabakti Nagri, 1 (2): 2. pp. 52-57. ISSN 2964-1055
2964-1055_1_2_2023-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (467kB) | Preview
Abstract
Kabupaten Lebak adalah salah satu kabupaten di Banten, Indonesia. Menurut dinas pendidikan kabupaten Lebak, jumlah sekolah yang berada di Kab. Lebak adalah sebanyak 1.702 sekolah. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas tentunya merupakan tanggung jawab pendidik dan sekolah. Penelitian Tindakan Kelas atau sering disingkat dengan PTK merupakan salah satu jenis penelitian praktis untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) pertama kali diperkenalkan oleh Kurt Lewin pada tahun 1946, yang kemudian dikembangkan oleh beberapa pakar lainnya, seperti Stephen Kemmis, Robin Mc Tagart, John Elliot, dan Dave Ebbutt. Menyadari pentingnya PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru di kelas maka pengabdian masyarakat ini yaitu workshop metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif bagi guru-guru kabupaten Lebak Banten dalam upaya meningkatkan kapasitas dan pemahaman kemampuan PTK di kabupaten Lebak yang diikuti oleh 110 orang guru sekolah di Kabupaten Lebak. Berdasarkan hasil postest dan pretest hasil workshop ini memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan PTK guru peserta workshop.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru, Lebak, Kualitas pembelajaran, PTK, Workshop, Teacher responsibility, Capacity theory, Workshops |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Anneke - |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 02:09 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 02:09 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23683 |