Rima, Trianingsih and Sulastri, Sulastri and Asini, Asini (2022) Pemberdayaan siswa sebagai agen budaya Banyuwangi di SD Negeri 1 Sumberbaru. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 2 (1): 8. pp. 53-62. ISSN 2798-172X
2798-172X_2_1_2022-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Kebudayaan ditransmisikan dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Untuk mewujudkan proses transmisi kebudayaan tersebut tentunya peran sekolah sebagai agen sosialisasi budaya sangat vital. Oleh sebab itu, SD Negeri 1 Sumberbaru melakukan inisiasi pro aktif untuk mewujudkan hal tersebut melalui kegiatan pemberdayaan siswa sebagai agen budaya Banyuwangi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melaksanakan proses transmisi kebudayaan Banyuwangi kepada siswa sebagai generasi penerus. Adapun selanjutnya, siswa didorong untuk berperan aktif dalam proses sosialisasi kebudayaan Banyuwangi di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Metode pengabdian yang digunakan pada kegiatan ini adalah pelatihan pemberdayaan siswa melalui berbagai kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler. Hasil dari seluruh kegiatan yang telah terlaksana menunjukkan bahwa siswa memiliki motivasi yang baik untuk menjadi agen budaya Banyuwangi. Hal tersebut ditunjukkan dengan kesadaran diri siswa untuk mempelajari lebih banyak budaya Banyuwangi serta menyebarluaskannya melalui berbagai akun media sosial maupun pada lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemberdayaan siswa, Budaya Banyuwangi, Agen, Communication and culture |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 07:51 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 07:51 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23630 |