Pelatihan pembuatan media pembelajaran dengan pendekatan metakognitif berbantuan Canva untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar

Lisa, Virdinarti Putra and Kartika, Yuni Purwanti (2022) Pelatihan pembuatan media pembelajaran dengan pendekatan metakognitif berbantuan Canva untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 2 (1): 7. pp. 45-52. ISSN 2798-172X

[thumbnail of 2798-172X_2_1_2022-7.pdf]
Preview
Text
2798-172X_2_1_2022-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (535kB) | Preview

Abstract

Pengabdian dilakukan untuk memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran dengan pendekatan metakognitif pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan aplikasi canva. Pengabdian masyarakat ini memanfaatkan akses internet sebagai pembuatan media pembelajaran tujuan mengasah kemampuan pemecahan masalah siswa. Secara khusus pengabdian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbantuan canva terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SD pada materi KPK dan FPB. Populasi dalam pengabdian ini adalah siswa SDN 2 Ampel dan siswa SDN 3 Urutsewuyang masih berada dalam satu gugus, kemudian untuk sampel dalam pengabdian ini adalah siswa kelas 4 SDN 2 Ampel dan siswa kelas 4 SDN 3 Urutsewu. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini berupa sosialisasi program, penyampaian materi, pelatihan, pemanfaatan hasil, monitoring serta evaluasi. Metode yang digunakan selama pelatihan adalah menggunakan metode, diskusi, tanya jawab, dan penugasan dengan antusiasnya pada saat kegiatan dilaksanakan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran berbantuan canva terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV pada materi KPK dan FPB, dibuktikan dengan taraf signifikansi 0,011 < 0,05 menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil pengabdian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbantuan canva berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV pada materi KPK dan FPB.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Canva, Kemampuan pemecahan masalah
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:16
Last Modified: 20 Dec 2023 07:16
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23584

Actions (login required)

View Item
View Item