Pelatihan penulisan artikel ilmiah (jurnal) dalam rangka pengembangan keprofesionalan berkelanjutan guru-guru IPA di Kabupaten Bengkulu Tengah

Aprina, Defianti and Desy, Hanisa Putri and Dedy, Hamdani and Dini, Syafitri (2022) Pelatihan penulisan artikel ilmiah (jurnal) dalam rangka pengembangan keprofesionalan berkelanjutan guru-guru IPA di Kabupaten Bengkulu Tengah. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 2 (1): 5. pp. 31-35. ISSN 2798-172X

[thumbnail of 2798-172X_2_1_2022-5.pdf]
Preview
Text
2798-172X_2_1_2022-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (394kB) | Preview

Abstract

Program Pengembangan Keprofesional Berkelanjutan (PKB) bertujuan untuk mengembangkan profesionalitas guru. PKB dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan guru untuk mencapai standar kompetensi profesi dan/atau meningkatkan kompetensinya di atas standar kompetensi profesinya yang sekaligus berimplikasi kepada perolehan angka kredit untuk kenaikan pangkat/jabatan fungsional guru. Salah satu hal yang menjadi bagian dari PKB adalah publikasi ilmiah. Saat ini, guru masih kesulitan dalam menulis artikel ilmiah hasil penelitian yang memenuhi syarat publikasi ilmiah dalam sebuah jurnal ilmiah. Hasil survey terhadap guru-guru IPA di Kabupaten Bengkulu Tengah, hanya 18.75% guru yang pernah mengirimkan artikel ilmiah ke sebuah jurnal ilmiah. Berdasarkan hasil tersebut, dilaksanakan pengabdian yang bertujuan untuk (1) menambah pengetahuan guru-guru IPA di Kabupaten Bengkulu Tengah mengenai penulisan artikel ilmiah dalam jurnal dan (2) meningkatkan motivasi guru-guru IPA di Kabupaten Bengkulu Tengah untuk menulis artikel ilmiah dalam jurnal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Artikel ilmiah, Jurnal, Pengembangan keprofesionalan berkelanjutan, Guru IPA
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 20 Dec 2023 06:51
Last Modified: 20 Dec 2023 06:51
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23577

Actions (login required)

View Item
View Item