Sosialisasi pola asuh orangtua bagi perkembangan sosial emosional anak

Dema, Yulianto and Veny, Iswantiningtyas and Annisa, Mutiara Vani (2022) Sosialisasi pola asuh orangtua bagi perkembangan sosial emosional anak. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 2 (1): 4. pp. 25-31. ISSN 2798-172X

[thumbnail of 2798-172X_2_1_2022-4.pdf]
Preview
Text
2798-172X_2_1_2022-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (503kB) | Preview

Abstract

Perkembangan sosial emosional memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan anak. Emosi merupakan bentuk komunikasi anak untuk menyampaikan perasaannya serta kebutuhannya kepada orang lain. Selain itu, emosi juga dapat mempengaruhi anak untuk melakukan penyesuaian dengan lingkungan sosialnya. Untuk mengoptimalkan perkembangan sosial emosional anak dibutuhkan pola asuh orang tua. Kegiatan sosialiasi pola asuh orang tua bagi perkembangan sosial emosional adalah untuk menambah pengetahuan bagi orang tua. Peserta sosialisasi diharapkan dapat mempraktekkan materi yang telah disosialisasikan terhadap orang tua serta anaknya dalam kehidupan sehari-hari, agar dihasilkan anak yang mampu mengontrol emosinya serta mampu bersosialisasi dalam kehidupannya. Pelaksanaan sosialisasi dilaksanakan menggunakan metode obsevasi langsung, wawancara dan sosialisasi (seminar kecil dan pelatihan). Hasil dari kegiatan tersebut peserta memperoleh pengetahuan terkait parenting penerapan pola asuh untuk mengotimalkan perkembangan sosial emosional anak. selain itu, peserta juga berkomitmen untuk mempraktekkannya terhadap dirinya dan anaknya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pola asuh orang tua, Perkembangan sosial emosional anak, Child rearing
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Psychology
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 20 Dec 2023 04:28
Last Modified: 20 Dec 2023 04:28
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23573

Actions (login required)

View Item
View Item