Korelasi komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan keluarga pasien ICU

Novia, Heriani and Clarissa, Maharani Gandi (2022) Korelasi komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan keluarga pasien ICU. Journal of Nursing Invention, 3 (2): 10. pp. 139-150. ISSN 2828-281X

[thumbnail of 2828-281X_3_2_2022-10.pdf]
Preview
Text
2828-281X_3_2_2022-10.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Salah satu pelayanan sentral di rumah sakit adalah pelayanan Intensive Care Unit (ICU). Dimana ICU memiliki perawat dan perlengkapan khusus yang ditujukan untuk observasi, perawatan dan terapi pasien yang menderita penyakit kritis, atau potensial mengancam nyawa dengan prognosis yang masih bisa diharapkan. Kepuasan pasien dan keluarga menjadi ukuran kualitas pelayanan dan pemberian informasi perawatan di ICU dimana salah satu indikatornya adalah komunikasi terapeutik. Tujuan: penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat korelasi komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan keluarga pasien ICU RSUD Ulin Banjarmasin. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh keluarga pasien di Ruang ICU RSUD Ulin Banjarmasin pada bulan Mei-Juni 2022. Pengambilan sampel dengan sampel jenuh, berjumlah 69 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner komunikasi terapeutik perawat dan kepuasan keluarga pasien dengan uji statistik Spearman Rank. Hasil: Hasil uji statistik didapatkan nilai p value (0,000) < α (0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada korelasi antara komunikasi terapeutik dengan kepuasan keluarga pasien di ruang ICU RSUD Ulin Banjarmasin dengan nilai spearman rank 0,670 yang menunjukkan arah korelasi positif dan hubungan kedua variabel sangat kuat. Kesimpulan: Perawat harus memiliki kemampuan melaksanakan komunikasi terapeutik yang baik agar kepuasan keluarga pasien terus meningkat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Therapeutic communication, Satisfaction family, ICU, Drugs, Intensive care unit, Consumer satisfaction, Quality of services
Subjects: Health Resources > Health Services
Health Resources > Health Care Needs & Demands
Health Resources > Health Education & Manpower Training
Communication
Medicine & Biology > Clinical Medicine
Depositing User: - Elfrida Meryance Saragih
Date Deposited: 25 Mar 2024 08:14
Last Modified: 25 Mar 2024 08:14
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23558

Actions (login required)

View Item
View Item