Pelatihan pembuatan soal kognitif menggunakan aplikasi Kahoot untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring pada guru SDN Lirboyo 1 dan SDN Lirboyo 2

Kharisma, Eka Putri and Kukuh, Andri Aka and Wahid, Ibnu Zaman and Fatkur, Rhohman and Novi, Nitya Santi and Dhian, Dwi Nur Wenda and Rian, Damariswara and Ilmawati, Fahmi Imron and Nurita, Primasatya and Farida, Nurlaila Zunaidah and Zahara, Violina Afya and Arim, Setiawan (2021) Pelatihan pembuatan soal kognitif menggunakan aplikasi Kahoot untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring pada guru SDN Lirboyo 1 dan SDN Lirboyo 2. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 1 (2): 9. pp. 105-111. ISSN 2798-172X

[thumbnail of 2798-172X_1_2_2021-9.pdf]
Preview
Text
2798-172X_1_2_2021-9.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (485kB) | Preview

Abstract

Kahoot merupakan salah satu media pembuatan soal secara online. Guru dapat menentukan model soal sesuai dengan kebutuhan belajar siswanya, seperti menggunakan model pilihan, ganda, benar salah, puzzle dan lain sebagainya. Guru dapat menampilkan gambar, audio bahkan video dalam soal yang telah dibuat. Siswa dapat mengerjakan soal melalui link yang dibagikan oleh guru tanpa mengunduh aplikasi. Guru juga dimudahkan karena tidak perlu mengoreksi hasil pekerjaan siswa. Hal ini menjadikan proses evaluasi lebih efisien dari segi waktu dan pengadministrasian. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan bagi guru SDN Lirboyo 1 dan 2 Kediri ialah memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru agar guru dapat menyusun soal dengan tampilan yang menarik menggunakan aplikasi kahoot. Hasil dari pengabdian masyarakat menunjukkan 78% guru telah mengimplementasikan pembuatan soal menggunakan aplikasi kahoot, artinya kegiatan pelatihan telah terlaksana dengan baik. Hasil questioner menunjukkan bahwa aplikasi mudah digunakan namun memiliki kendala khususnya dalam penggunaan aplikasi versi gratis yang memiliki model soal yang terbatas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Kahoot, Evaluasi
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 20 Dec 2023 02:00
Last Modified: 20 Dec 2023 02:00
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23551

Actions (login required)

View Item
View Item