Lusila, Parida and Agusta, Kurniati and Daniel, Dike (2021) Pengembangan literasi lingkungan sekolah berbasis kolaborasi stake holder sebagai piloting project di sekolah dasar. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 1 (2): 5. pp. 75-85. ISSN 2798-172X
2798-172X_1_2_2021-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (563kB) | Preview
Abstract
Literasi lingkungan adalah sikap melek atau cinta lingkungan sehingga ada tanggungjawab untuk menjaga keberadaan seluruh sumberdaya alam. Saat ini kerusakan lingkungan semakin parah sehingga diperlukan strategi integratif kolaboratif sekolah mengembangkan literasi lingkungan bersama stake holder. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan wawasan pengetahuan, menciptakan kesadaran dan memperkuat pemberdayakan guru-guru, dosen, siswa, staf dan orangtua mewujudkan konsep eco-school di sekolah dasar. Metode kegiatan kolaborasi ini dalam bentuk pelatihan kepada guru-guru dan staf yang terwujud dalam aksi penanaman pohon di lingkungan sekolah sebagai titik awal mewujudkan konsep eco schol di sekolah dasar. Dampak nyata dari kegiatan kolaborasi melalui aktivitas pengabdian kepada masyarakat ini adalah; (1). memperkenalkan konsep eco school sebagaialternatif memuwudkan literasi lingkungan di sekolah dasar (2). memperluas wawasan danskill guru dalam merancang kegiatan pembelajaran dan program sekolah berbasis lingkungan(3). Membangun kolaborasi dalam mewujudkan sekolah berbasis Lingkungan melalui konsepEco school pada sekolah dasar mitra.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi sekolah, Eco school, Piloting project |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 01:35 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 01:35 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23534 |