Sarci, Tehamen and Sri, P. Siswanti and Joubert, M. Dame (2022) Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen terhadap minat kunjung pada objek wisata yang ada di Pulau Sara’a Kabupaten Kepulauan Talaud. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3 (1). pp. 1-8. ISSN 2774-9185
Jurnal_Sarci Tehamen_Universitas Negeri Manado_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (223kB) | Preview
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk Pengaruh Kualitas Pelayanan dan dan kepuasan konsumen terhadap minat kunjung pada objek wisata yang ada dipulau Sara’a kabupaten kepulauan Talau. Dengan menggunakan pendekatan penelitan kuantitatif, untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen.Dengan sampel berjumlah 50. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel kualitas pelayanan (X1)dan minat kunjung wisatawan (Y). Hal ini ditunjukkan dengan thitung sebesar = 4.96. Derajat keabsahannya (db =50-2 = 48) pada taraf signifikan 0,05 diperoleh ttabel sebesar 1,67. Karena nilai thitung lebih besar dari ttabel (4.96 , H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti ada hubungan yang signifikan dan positif antara kualitas pelayanan terhadap minat kunjung wisatawan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hipotesis kedua yaitu terdapat hubungan antara variable kepuasan konsumen (X2) dengan minat kunjung wisatawan Y). Hal ini ditunjukkan dengan diperoleh diperoleh thitung sebesar = 5,37. Derajat keabsahannya (db =50-2 = 48) pada taraf signifikan 0,05 diperoleh ttabel sebesar 1,67. Karena nilai thitung lebih besar dari ttabel (5,37 , H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti ada hubungan yang signifikan dan positif antara kepuasan konsumen terhadap minat kunjung wisatawan.Hasil uji simultan (bersama-sama ) menujukkan bahwa kualitas pelayanan (X1) dan kepuasan konsumen (X2) berpengaruh signifikan dan positif terhadap variable minat kunjung wisatawan (Y). Nilai Fhitung yang diperoleh sebesar 114,73 artinya Fhitung Ftabel = Fhitung Ftabel =114,73 3,20 pada taraf signifikan 0,05 atau 5%. Nilai R square sebesar 0.830atau 83,0 % yang berarti bahwa hubungan antara varaibel kualitas pelayanan (X1) dan kepuasan konsumen (X2) dengan minat kunjung wisatawan (Y) memiliki hubungan yang kuat. Dalam penelitian ini juga diperoleh persamaan regresi Y = 7,24 + 0,58X1+0,39X2
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pelayanan, Kepuasan konsumen, Minat kunjung, Quality of services, Consumer satisfaction, Tourist industry |
Subjects: | Administration & Management Administration & Management > Management Practice Urban & Regional Technology & Development > Economic Studies Economics and Business Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics |
Depositing User: | Putu Indra Widiartha |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 07:11 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 07:11 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23525 |