Manajemen kesiswaan dalam upaya meningkatkan prestasi akademik dan non akademik peserta didik

Khasanah, Daniatun and Prasetyo, Danang Dwi (2023) Manajemen kesiswaan dalam upaya meningkatkan prestasi akademik dan non akademik peserta didik. Ál-fâhim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (1): 10. pp. 155-172. ISSN 2656-226X

[thumbnail of 2656-226X_5_1_2023-10.pdf]
Preview
Text
2656-226X_5_1_2023-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (304kB) | Preview

Abstract

Setiap lembaga pendidikan memerlukan manajemen kesiswaan yang berbeda-beda yang dapat dikatakan unik atau tidak biasa antara satu lembaga dengan lembaga lainnya. Penelitian ini merupakan kajian pustaka yang mengkaji dan menganalisis hasil dari berbagai jenis penelitian terdahulu dengan topik yang relevan. Kajian ini berusaha menjelaskan hasil kajian manajemen kesiswaan dengan tujuan meningkatkan prestasi peserta didik. Berdasarkan hasil kajian pustaka ini dapat disimpulkan bahwa (1) Program kesiswaan direncanakan saat awal tahun dan disetujui oleh kepala sekolah, guru dan pengawas. (2) Implementasi manajemen kesiswaan memiliki beberapa tahapan, antara lain: penerimaan siswa baru, seleksi siswa , orientasi siswa, penempatan siswa, pembinaan dan pengembangan siswa. (3) Evaluasi dilakukan berdasarkan bidang masingmasing oleh pembimbing yang ahli di bidangnya. Evaluasi mampu mengetahui perbandingan target dengan capaian, serta mengetahui faktor penghambat dan pendukungnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Manajemen kesiswaan, Prestasi akademik, Prestasi nonakademik, Academic achievement, Educational management, University students, Universities and colleges
Subjects: Administration & Management > Management Practice
Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Anneke
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:39
Last Modified: 21 Mar 2024 07:39
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23452

Actions (login required)

View Item
View Item