Sa’adah, Khalifatus and Ainol, Ainol and Izzah, Ismatul (2023) Kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap implementasi kurikulum merdeka di Probolinggo. Ál-fâhim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (1): 8. pp. 120-135. ISSN 2656-226X
2656-226X_5_1_2023-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (268kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berusaha mengetahui tentang kepemimpinan transformasional kepala madrasah dalam implementasi kurikulum merdeka di lembaga. Penelitina ini dilakukan di MAN 2 Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode kualitati adeskriptif. Objek penelitian adalah kepala madrasah dan stakeholder di madrasah MAN 2 Probolinggo. Pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumenter. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa: a) kepemimpinan transformasional kepala madrasah sangat optimal dalam membangun semangat kerja dan memberi motivasi yang tinggi untuk para sumber daya di madrasah sehingga muncul kesiapan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan efektif, b) penerapan kurikulum merdeka di MAN 2 Probolinggo sudah berkembang efektif, terstuktural, dan optimal.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan transformasional, Kepala madrasah, Kurikulum merdeka, Secondary school curriculum, Leadership, School principals |
Subjects: | Administration & Management > Personnel Management, Labor Relations & Manpower Studies Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Annisa - |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 07:35 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 07:35 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23450 |