Moh, Nasikin and Suparmanto, Suparmanto and Irza, Hidayatullah (2023) Strategi pembelajaran bahasa Arab Al-ashwat di dalam meningkatkan keterampilan menyimak mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Mataram. Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3 (1): 3. pp. 24-31. ISSN 2809-3186
2809-3186_3_1_2023-3.PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (352kB) | Preview
Abstract
Al-Ashwat (األصوات (berasal dari bahasa arab yaitu bentuk jamak dari kata shaout (صوت (yang mempunyai arti suara atau bunyi. Al-Ashwat menjadi istilah kajian ilmu bahasa Arab yaitu ranah kajian ilmu bahasa Arab yang mendarasistem bunyi. Ilmu ini memfokuskan kajiannya tentang suara dan bunyi yang dihasikan oleh organ ucap manusia. Dalam pengajaran ilmu al-ashwat ada dua metode pembelajaran yang meberikan fokus terhadap pengajaran bunyi bahasa kedua metode itu adalah Phonetic Method dan Mim-mem Method. Adapun metode alashwat yang dapat meningkatkan keterampilan menyimak (maharatul istima’) ialah Phonetic Method. Penerapan metode al-ashwat yaitu Phonetic Method pada pembelajaran keterampilan menyimak (maharatul istima’) Mata kuliah Istima’ 1 Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Mataram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data dan verivikasi data. Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa pembelajaran istima’1 menggunakan metode fonetik di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Mataram sudah tersusun dengan baik. Namun, pada penerapannya masih ada kendala baik itu kendala internal dan eksternal. Penerapan metode tersebut agar memperoleh hasil yang maksimal sesuai dengan yang diharapkan yaitu siswa mampu memahami bunyi atau suara yang mereka dengar, mampu melafalkan apa yang didengar, dan bisa menuangkan hasil yang mereka dengar ke dalam sebuah tulisan. Sehingga metode ini tepat digunakan dalam pembelajaran Keterampilan Istima’ di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Mataram.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran, Al-ashwat, Keterampilan menyimak. Learning methods, Arabic language, Listening skills. |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Language > Linguistics |
Depositing User: | - Anneke - |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 03:16 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 03:16 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23432 |