Pembelajaran membaca dan menulis huruf hijaiyyah bersambung pada anak usia late childhood di kelas Wustho TPA Al-Luqmaniyyah Yogyakarta

Zakiyatunnisa, Al Mubarokah (2022) Pembelajaran membaca dan menulis huruf hijaiyyah bersambung pada anak usia late childhood di kelas Wustho TPA Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2 (2): 4. pp. 104-125. ISSN 2809-3186

[thumbnail of 2809-3186_2_2_2022-4.pdf]
Preview
Text
2809-3186_2_2_2022-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (536kB) | Preview

Abstract

Masa kanak-kanak akhir (late childhood) dimulai dari usia 6 tahun sampai kurang lebih usia 11-13 tahun. Salah satu tugas perkembangan anak pada usai ini adalah mampu mengembangkan keterampilan dasar untuk membaca dan menulis. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran membaca dan menulis huruf hijaiyyah bersambung pada anak usia late childhood di TPA Al Luqmaniyyah Yogyakarta , hasil belajar, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Tujuan pembelajaran adalah santri mampu membaca dan menulis huruf hijaiyyah bersambung dengan baik dan benar. Metode pembelajaran yang digunakan bervariarif, meliputi metode ceramah, bermain, klasilal, privat, menyalin dan dikte. (2) Hasil pembelajaran masuk pada kategori baik dengan nilai rata-rata 73 dan 74 . (3) Faktor pendukung dalam kegiatan pembelajaran ini adalah kegiatan pembelajaran yang aktif dengan metode dan media yang variatif, sedangkan faktor penghambatnya adalah santri kurang fokus dan lebih sering bergurau dalam kegiatan pembelajaran, kurangnya persiapan dari ustadz-ah dalam penyampaian materi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran membaca, Pembelajaran menulis, Huruf hijaiyyah bersambung, Usia late childhood.Activity learning, Academic writing ,Kindergarten students.
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:02
Last Modified: 07 Nov 2023 03:02
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23428

Actions (login required)

View Item
View Item