Pengaruh penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditori, Visual, dan Intelektual) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran melakukan instalasi sistem operasi dasar Kelas X TKJ di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang

Nofri, Satriawan and Tri, Yunerni (2023) Pengaruh penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditori, Visual, dan Intelektual) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran melakukan instalasi sistem operasi dasar Kelas X TKJ di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nusantara, 1 (1): 5. pp. 26-33. ISSN 2963-0738

[thumbnail of 2963-0738_1_1_2023-5.pdf]
Preview
Text
2963-0738_1_1_2023-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (868kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah fakta yang ditemukan di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang masih banyak siswa kelas X TKJ yang memperoleh nilai hasil belajar di bawah KKM pada mata pelajaran Instalasi Sistem Operasi Dasar ditetapkan 75 yaitu dibentangkan oleh 0-100. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan antara model pembelajaran SAVI dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dan populasinya adalah seluruh siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang Tahun Pelajaran 2013/2014. Tekniknya dilakukan dengan random sampling. Data yang dikumpulkan dari hasil tes berupa soal-soal tujuan pembelajaran sebanyak 25 butir. Data dianalisis menggunakan Microsoft Excel untuk uji homogenitas, normalitas, dan uji hipotesis. Dari hasil tes belajar, nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran SAVI adalah 82,25, sedangkan kelompok kontrol siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung lebih rendah yaitu 76,81. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan Microsoft Excel didapatkan bahwa thitung ≥ ttabel 2,011 ≥ 2,34, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima atau ditolak hipotesis nol (H0). Artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang signifikan lebih besar dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran savi, Pembelajaran langsung, Kontrol dan eksperimen, Learning models, Learning methods, Vocational education, Academic achievement
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Syifa Naufal Qisty
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:42
Last Modified: 25 Mar 2024 03:42
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23409

Actions (login required)

View Item
View Item