Suparman, Suparman (2022) Implementasi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran PPKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem politik Indonesia di kelas X-MIPA 1 SMAN 3 Mojokerto. Pacivic: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2 (1): 3. pp. 26-42. ISSN 2807-9337
2807-9337_2_1_2022-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (691kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan dan kompetensi siswa selama pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran PPKn pada materi Sistem Politik Indonesia. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Mojokerto, dengan objek penelitian siswa kelas X-MIPA 1 tahun ajaran 2018-2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Setelah diadakan observasi, dilanjutkan dengan penyusunan seluruh instrumen dan perangkat penelitian, kemudian setelah itu dilakukan kegiatan pembelajaran. Setelah proses analisis data diperoleh bahwa kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran CTL pembelajaran PPKn mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Hal ini terlihat dari hasil rata-rata pengamatan pada putaran I sebesar 2,23 (kategori cukup) yang meningkat menjadi 3,05 (kategori baik) pada putaran II, serta berdasarkan data yang diperoleh dari Implementasi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran PPKn pada Materi Sistem Politik Indonesia di Kelas X-MIPA 1 SMAN 3 Mojokerto selain mengembangkan kemampuan kognitif siswa, juga dapat mengembangkan kompetensi afektif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran CTL, Aktivitas siswa, Hasil belajar. Activity learning, Learning materials, Students. |
Subjects: | Computers, Control & Information Theory > Applications Software Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Anneke - |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 02:48 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 02:48 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23378 |