Pengembangan bahan ajar sosiologi mahasiswa PPKn FKIP UNIPA Surabaya

Suyono, Suyono (2021) Pengembangan bahan ajar sosiologi mahasiswa PPKn FKIP UNIPA Surabaya. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1 (2): 5. pp. 115-135. ISSN 2807-9337

[thumbnail of 2807-9337_1_2_2021-5.pdf]
Preview
Text
2807-9337_1_2_2021-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (731kB) | Preview

Abstract

Tujuan pengembangan ini untuk menghasilkan paket pembelajaran sosiologi yang sesuai dengan karakteristik mahasiswa. Ada tiga persoalan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana efektivitas pengembangan bahan ajar sosiologi Mahasiswa PPKn Angkatan 2013 FKIP UNIPA Surabaya, (2) Bagaimana hasil uji coba pengembangan bahan ajar sosiologi Mahasiswa PPKn Angkatan 2013 FKIP UNIPA Surabaya oleh ahli isi bidang studi, (3) Bagaimana hasil uji coba pengembangan bahan ajar sosiologi Mahasiswa PPKn Angkatan 2013 FKIP UNIPA Surabaya oleh Mahasiswa PPKn Angkatan 2013. Hasil uji coba pengembangan bahan ajar sosiologi oleh ahli bidang studi: 1) Bahan Ajar: didapatkan persentase sebesar 82,2%, setelah dikonversi dengan tabel konversi, persentase tingkat pencapaian 82,2% berada pada tingkat kualifikasi baik, 2) Esentasi Panduan Dosen: didapatkan persentase sebesar 77,5%, setelah dikonversi dengan tabel konversi, persentase tingkat pencapaian 77,5% berada pada tingkat kualifikasi baik, 3) Panduan Mahasiswa: didapatkan persentase sebesar 76%, setelah dikonversi dengan tabel konversi, persentase tingkat pencapaian 76% berada pada tingkat kualifikasi baik. Hasil uji coba pengembangan bahan ajar sosiologi terhadap Mahasiswa PPKn Angkatan 2013: 1) Bahan Ajar: didapatkan persentase sebesar 81,2%, setelah dikonversi dengan tabel konversi, persentase tingkat pencapaian 81,2% berada pada tingkat kualifikasi baik, 2) Panduan Mahasiswa: didapatkan persentase sebesar 80%, setelah dikonversi dengan tabel konversi, persentase tingkat pencapaian 80% berada pada tingkat kualifikasi sangat baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Meningkatkan hasil belajar. Development, Learning Methods, Learning Techniques.
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: - Anneke -
Date Deposited: 05 Nov 2023 06:52
Last Modified: 05 Nov 2023 06:52
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23364

Actions (login required)

View Item
View Item