Upaya perwujudan nilai-nilai pada siswa melalui Upacara Grebeg Pancasila di Kota Blitar

Kusnul, Khotimah and Katon, Galih Setyawan and Sukma, Perdana Prasetya and Nuansa, Bayu Segara (2021) Upaya perwujudan nilai-nilai pada siswa melalui Upacara Grebeg Pancasila di Kota Blitar. Pacivic: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1 (2): 3. pp. 85-96. ISSN 2807-9337

[thumbnail of 2807-9337_1_2_2021-3.pdf]
Preview
Text
2807-9337_1_2_2021-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (649kB) | Preview

Abstract

Upacara Grebeg Pancasila merupakan acara peringatan Hari Lahir Pancasila, yang didesain menjadi peristiwa budaya. Dilaksanakan oleh seniman-seniman Blitar, dengan sentuhan dan piranti etik dan estetika tanpa meninggalkan kekhidmatan dan makna sebuah upacara. Upacara ini dilaksanakan di Alun-alun Kota Blitar setiap tanggal 1 di bulan Juni. Berkaitan dengan itu maka dilakukan penelitian mengenai Upacara Grebeg Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Perwujudan Nilai-Nilai Nasionalisme Pada Siswa Melalui Upacara Grebeg Pancasila Di Kota Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi. Jadi data yang digunakan berasal dari hasil observasi proses pelaksanaan Upacara Grebeg Pancasila yang diadakan di Kota Blitar, wawancara dari informan didukung dokumen sekitar, dan temuan penelitian Upacara Grebeg Pancasila di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai nasionalisme yang terkandung pada tiap-tiap acara pelaksanaan Upacara Grebeg Pancasila yang bisa diimplementasikan pada siswa di Kota Blitar yakni rela berkorban tanpa pamrih, kesetiaan kepada bangsa dan negara, kesatuan dan kerukunan, semangat membangun, kesadaran berbangsa dan bernegara, dan mencintai warisan budaya lokal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kebudayaan, Nilai-nilai nasionalisme, Siswa, Upacara Grebeg Pancasila.Cultural life, Nationalism, Students.
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 05 Nov 2023 06:39
Last Modified: 05 Nov 2023 06:39
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23360

Actions (login required)

View Item
View Item