Pembelajaran STAD untuk meningkatkan hasil belajar materi hubungan pemerintah pusat dan daerah

Sri, Mulyati (2021) Pembelajaran STAD untuk meningkatkan hasil belajar materi hubungan pemerintah pusat dan daerah. Pacivic: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1 (2): 2. pp. 68-84. ISSN 2807-9337

[thumbnail of 2807-9337_1_2_2021-2.pdf]
Preview
Text
2807-9337_1_2_2021-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (849kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan motivasi siswa kelas X mempelajari materi hubungan antara pemerintah pusat dan daerah menurut UUD NRI 1945 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus dari empat fase: perencanaan, tindakan, dan observasi, refleksi dan revisi. Data diperoleh dari hasil post-test dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa secara bertahap meningkat dari siklus I hingga siklus III, siklus I (31%), siklus II (66%), dan siklus III (97%). Ini menyarankan bahwa 1) model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh positif terhadap prestasi belajar dan motivasi belajar dan 2) model tersebut dapat digunakan sebagai alternatif pada pembelajaran PPKn.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Hubungan pemerintah pusat dan daerah, STAD. Activity learning, Central-local government relations, Learning Methods.
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: - Anneke -
Date Deposited: 05 Nov 2023 06:34
Last Modified: 05 Nov 2023 06:34
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23359

Actions (login required)

View Item
View Item