Peningkatan keaktifan siswa dalam menyampaikan pendapat melalui penerapan pendekatan Cooperative Learning Number Head Together

Supriyoadi, Supriyoadi (2021) Peningkatan keaktifan siswa dalam menyampaikan pendapat melalui penerapan pendekatan Cooperative Learning Number Head Together. Pacivic: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1 (2): 1. pp. 51-67. ISSN 2807-9337

[thumbnail of 2807-9337_1_2_2021-1.pdf]
Preview
Text
2807-9337_1_2_2021-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (828kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam menyampaikan pendapat dengan metode Cooperative Learning Number Head Together. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMK kelas XII Teknik Bisnis Sepeda Motor 2 SMK Negeri 1 Mojokerto sebanyak 30 orang. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah: observasi, wawancara, tes tertulis dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran kooperatif dengan model Cooperative Learning Number Head Together, ada peningkatan keaktifan siswa dalam menyampaikan pendapat saat diskusi kelompok pada siswa kelas XII Teknik Bisnis Sepeda Motor 2 SMK Negeri 1 Mojokerto, yaitu dari kategori cukup baik menjadi kategori baik. Belajar dengan menggunakan metode Cooperative Learning Number Head Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas XII Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK Negeri 1 Mojokerto, yaitu dari rerata pekerjaan siswa 75,5 menjadi 87,8.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Cooperative Learning, Number Head Together. Activity learning, Learning Methods, High school students.
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Psychology
Depositing User: - Anneke -
Date Deposited: 05 Nov 2023 06:28
Last Modified: 05 Nov 2023 06:28
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23356

Actions (login required)

View Item
View Item