Konsep toleransi beragama perspektif integritas terbuka pada channel Youtube Jeda Nulis

Abdul, Wasik and Gerardette, Philips (2022) Konsep toleransi beragama perspektif integritas terbuka pada channel Youtube Jeda Nulis. Integritas Terbuka: Peace and Interfaith Studies, 1 (1): 1. pp. 1-12. ISSN 2985-301X

[thumbnail of 2985-301X_1_1_2022-1.pdf]
Preview
Text
2985-301X_1_1_2022-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (433kB) | Preview

Abstract

Era teknologi yang berkembang begitu pesat mampu memberikan kemudahan bagi kita untuk mendakwahkan ajaran Islam yang rahmatallil’alamin. Nilai-nilai Islam yang indah harus sampai pada masyarakat muslim dipenjuru dunia termasuk nilai-nilai toleransi beragama di tengah-tengah masyarakat multicultural. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep toleransi beragama melalui dialog antar agama yang dilakukan Habib Ja’far dengan tokoh agama lainnya pada channel youtube Jeda Nulis melalui pendekatan integritas terbuka. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif desktiptif dan studi pustaka. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa konsep toleransi beragama adalah wujud nilai seluruh agama yang tujuannya bukan menarik seseorang untuk meninggalkan agama dan kepercayaannya. Melainkan dapat memberikan ruang terhadap agama lain untuk memperlihatkan keindahan tradisi dan kepercayaannya. Dialog antar agama akan membawa para pengikut agama memahami satu sama lain, menghargai perpektif nilai-nilai agama masing-masing dan mencegah masyarakat yang memiliki perbedaan agama terhindar dari konflik agama atau saling menyerang satu sama lain. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dialog antar agama yang dilakukan merupakan upaya untuk mendidik diri sendiri dalam menghargai satu sama lain serta memperkuat iman seseorang untuk teguh terhadap kepercayannya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Moderasi, Antar agama, Dialog tokoh, Tujuan agama. Religious tolerance ,Pluralism, Dialogue analysis.
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 05 Nov 2023 05:26
Last Modified: 05 Nov 2023 05:26
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23328

Actions (login required)

View Item
View Item