Strategi pemasaran pada Pabrik Beras Poktan Parung Kembang Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor

Jaka, Afianto and Alfatih, S Manggabarani (2023) Strategi pemasaran pada Pabrik Beras Poktan Parung Kembang Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor. JYE: Journal of Young Entrepreneurs, 2 (2): 8. pp. 94-108. ISSN 2964-8521

[thumbnail of 2964-8521_2_2_2023-8.pdf]
Preview
Text
2964-8521_2_2_2023-8.pdf - Published Version

Download (893kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menentukan tentang strategi pemasaran apa yang tepat diterapkan dalam meningkatkan penjualan pada pabrik beras Poktan Parung Kembang. Pada penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif berdasarkan hasil analisis SWOT IFAS dan EFAS, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Peneliti melakukan kegiatan wawancara secara langsung dilapangan dengan tiga orang narasumber atau informan. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu; Saat ini pabrik beras Poktan Parung Kembang memproduksi tiga jenis produk beras dengan harga dan kemasan yang bervariatif, yang menjadi fokus strategi pemasaran pabrik beras Poktan Parung Kembang dalam meningkatkan penjualan produk ialah dengan mengimplementasikan strategi 4P, yaitu strategi produk (product), strategi harga (price), strategi tempat/distribusi (place/distribution) dan strategi promosi (promotion). Namun yang menjadi fokus utama pabrik beras Poktan Parung Kembang dalam melakukan kegiatan pemasarannya yaitu dengan metode personal selling terhadap konsumen terutama kepada orang-orang terdekat, jadi belum secara massif menggunakan media sosial sebagai sarana utama untuk kegiatan promosi. Berdasarkan hasil analisis SWOT yang diperoleh maka pabrik beras Poktan Parung Kembang berada pada kuadran I, yang mendukung penerapan strategi agresif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, Penjualan, Pabrik Beras Poktan Parung Kembang. Marketing strategy, Sales, Rice.
Subjects: Administration & Management > Management Practice
Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: - Anneke -
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:26
Last Modified: 03 Nov 2023 06:26
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23323

Actions (login required)

View Item
View Item