Nurhidayatus, Solekah and Naila, Riza Umami (2022) Penerapan e-learning berbasis Moodle dalam keaktifan belajar pada pelajaran Ekonomi Bisnis kelas X AKL1 SMKN 2 Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3 (1). pp. 1-12. ISSN 2774-9185
Jurnal_Nurhidayatus Solekah_Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung_2022.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (496kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan e-learning berbasis moodle dalam keaktifan belajar pada pelajaran ekonomi bisnis kelas XAKL1 di SMKN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekakan kualitatif, dengan jenis penelitian deskripstif. Teknik pengambilan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 2 Tulungagung, dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 1 wakil kepala sekolah bagian kurikulum, 2 guru ekonomi bisnis OTKP dan AKL serta 37 peserta didik XAKL1. Data kualitatif tersebut dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dalam kegiatan pembelajaran dengan penerapan e-learning ada tiga bagian yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam bentuk-bentuk keaktifan belajar siswa tidak sepenuhnya dapat dicapai sesuai dengan indikator keaktifan belajar. Hal ini disebabkan karena adanya tiga faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapan e-learning yaitu sumber daya manusia (SDM), sarana prasarana dan aplikasi e-learning.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-learning, Moodle, Keaktifan belajar, Electronic learning, Vocational education, Learning processes |
Subjects: | Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Putu Indra Widiartha |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 03:54 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 03:54 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23313 |