Listriyanti, Palangda (2022) Daya retensi siswa terhadap hasil belajar di SMK Negeri 1 Tombariri. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3 (1). pp. 1-8. ISSN 2774-9185
Jurnal_Listriyanti Palangda_Universitas Negeri Manado_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (98kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan siswa yang masih melekat atau pengetahuan yang masih tersisa pada memori setelah pembelajaran (retensi) dalam rentang waktu berbeda pada Ekonomi setelah pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Tondano. Faktor yang diteliti adalah retensi siswa. Data hasil penelitian diambil dari hasil tes retensi yang dilakukan. Tes pertama 1 minggu setelah pembelajaran, tes kedua 2 minggu setelah pembelajaran dan tes ketiga 4 minggu setelah pembelajaran untuk topik pertama begitu, topik kedua dan topik ketiga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Mendeskripsikan hasil tes retensi pertama, kedua dan ketiga pada masing-masing topik pembelajaran. Berdasarkan data hasil tes pertama, kedua dan ketiga pada topik pertama angkah rata- rata yang diperoleh mengalami penurunan begitu juga pada topik kedua yakni hasil tes pertama sampai tes ketiga mengalami penurunan. Hal yang sama juga terjadi pada topik ketiga dengan hasil tes pertama, kedua dan ketiga mengalami penurunan. Peningkatan hasil tes retensi memiliki kenaikan nilai rerata hasil tes retensi dari topik pertama, topik kedua dan topik ketiga. Maka dapat disimpulkan bahwa memberikan tes secara rutin dengan pola tersebut dapat meningkatkan daya retensi siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Daya retensi siswa, Hasil belajar, Academic achievement, Learning methods, Learning processes, Secondary education |
Subjects: | Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Putu Indra Widiartha |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 03:46 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 03:46 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23308 |