Analisis kepuasan konsumen terhadap pelayanan store MS Glow menggunakan metode Naïve Bayes

Ade, Dwi Amanda and Agus, Perdana Windarto and Hendry, Qurniawan (2022) Analisis kepuasan konsumen terhadap pelayanan store MS Glow menggunakan metode Naïve Bayes. Hello World: Jurnal Ilmu Komputer, 1 (3): 3. pp. 130-144. ISSN 2829-8616

[thumbnail of 2828-5646_1_3_2022_3.pdf]
Preview
Text
2828-5646_1_3_2022_3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (373kB) | Preview

Abstract

Store Wanda MS Glow (Magic Skin For Glowing) merupakan salah satu usaha jasa yang bergerak di bidang perawatan kecantikan yang sudah memiliki banyak konsumen. Store ini memerlukan tindakan eksklusif dikarenakan semakin banyak nya jumlah pesaing di bidang yang sama, dan diperlukan adanya evaluasi kualitas pelayanan. Oleh karena itu diperlukan analisis data yang melibatkan pernyataan konsumen. Sehingga nantinya diperoleh pernyataan konsumen terkait dengan beberapa aspek kepuasan konsumen dengan menggunakan metode data mining Naïve Bayes. Sumber data diperoleh dari kuesioner yang diberikan kepada konsumen secara random sebanyak 100 konsumen. Variabel yang digunakan dalam kepuasan konsumen terhadap pelayanan Store MS Glow antara lain: pelayanan, respon, gift, promo, terpercaya. Kesimpulan yang dihasilkan oleh peneliti dan software Rapid Miner dengan data training sebanyak 75 data. Data pengujian sebanyak 25 data testing yang diolah di dalam Rapid miner 5.3. mendapatkan hasil pengujian dengan akurasi sebesar 88.00% yaitu 13 konsumen Puas dan sebanyak 12 konsumen tidak Puas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode naïve bayes, Machine learning, Kepuasan konsumen, Algorithms, Learning systems, Consumer satisfaction
Subjects: Computers, Control & Information Theory > Information Processing Standards
Depositing User: - Rahmahwati -
Date Deposited: 23 Nov 2023 05:48
Last Modified: 23 Nov 2023 05:48
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23300

Actions (login required)

View Item
View Item