Pengaruh manajemen waktu terhadap prestasi akademik pada mahasiswa aktivis di organisasi kemahasiswaan FEM IPB

Ega, Putri Anatasya and Andita, Sayekti (2022) Pengaruh manajemen waktu terhadap prestasi akademik pada mahasiswa aktivis di organisasi kemahasiswaan FEM IPB. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 19 (2): 6. pp. 155-164. ISSN 1858-1048

[thumbnail of 1858-1048_19_2_2022_6.pdf]
Preview
Text
1858-1048_19_2_2022_6.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview

Abstract

Penerapan manajemen waktu yang baik pada proses pembelajaran dan organisasi mahasiswa aktivis organisasi kemahasiswaan FEM dapat menghasilkan pencapaian akademik yang lebih maksimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi kemampuan manajemen waktu mahasiswa aktivis organisasi kemahasiswaan FEM IPB, mengidentifikasi prestasi akademik mahasiswa aktivis organisasi kemahasiswaan FEM IPB, dan menganalisis pengaruh manajemen waktu terhadap prestasi akademik mahasiswa aktivis organisasi kemahasiswaan FEM IPB. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan sumber data yang diperoleh dari data primer dan data dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Responden pada penelitian diambil dengan teknik quota sampling berjumlah 211 mahasiswa yang mewakili masing-masing organisasi kemahasiswaan FEM. Mayoritas mahasiswa aktivis FEM sudah memiliki kemampuan pengelolaan waktu yang baik dan indikator prestasi kumulatif yang sangat memuaskan. Pengaruh manajemen waktu terhadap prestasi akademik berpengaruh secara positif dan signifikan pada indikator sikap terhadap waktu dan perencanaan jangka panjang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa aktivis, Manajemen waktu, Organisasi kemahasiswaan, Prestasi akademik, College students, Academic achievement, Time management
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 20 Mar 2024 04:23
Last Modified: 20 Mar 2024 04:23
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23295

Actions (login required)

View Item
View Item