Sulis, Riptiono (2022) Menguji memorable tourism experiences terhadap niat kunjung ulang wisatawan pada Geopark di Kebumen. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 19 (2): 2. pp. 111-122. ISSN 1858-1048
1858-1048_19_2_2022_2.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
Abstract
Memorable tourism experiences telah menjadi konsep yang penting dalam pemasaran wisata khususnya menumbuhkan niat pengunjung untuk berkunjung ulang. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dimensi-dimensi MTE’s terhadap niat berkunjung ulang pada Geopark Karangsambung di Kebumen. Studi ini melibatkan sebanyak 100 wisatawan yang berkunjung pada objek wisata tersebut. Tehnik pengambilan sample yang digunakan dengan convenience sampling. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan SPSS versi 28 dan dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketujuh variable dari MTE’s, terdapat empat variable yang diterima dan tiga variable yang ditolak. Local culture, knowledge, involvement, dan novelty secara signifikan terbukti berpengaruh pada revisit intention. Sedangkan hedonism, refreshment, dan meaningfulness tidak terbukti memberukan pengaruh pada revisit intention. Novelty merupakan variable yang memiliki pengaruh terbesar bagi niat wisatawan untuk melakukan kunjungan ulang pada Geopark Karangsambung.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Geopark, Memorable tourism, Niat kunjung ulang, Pemasaran wisata, Pengalaman, Tourist industry, Marketing techniques, |
Subjects: | Urban & Regional Technology & Development > Economic Studies Economics and Business Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics |
Depositing User: | - Een Rohaeni |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 07:54 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 07:54 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23284 |