Menguji memorable tourism experiences terhadap niat kunjung ulang wisatawan pada Geopark di Kebumen

Sulis, Riptiono (2022) Menguji memorable tourism experiences terhadap niat kunjung ulang wisatawan pada Geopark di Kebumen. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 19 (2): 2. pp. 111-122. ISSN 1858-1048

[thumbnail of 1858-1048_19_2_2022_2.pdf]
Preview
Text
1858-1048_19_2_2022_2.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview

Abstract

Memorable tourism experiences telah menjadi konsep yang penting dalam pemasaran wisata khususnya menumbuhkan niat pengunjung untuk berkunjung ulang. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dimensi-dimensi MTE’s terhadap niat berkunjung ulang pada Geopark Karangsambung di Kebumen. Studi ini melibatkan sebanyak 100 wisatawan yang berkunjung pada objek wisata tersebut. Tehnik pengambilan sample yang digunakan dengan convenience sampling. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan SPSS versi 28 dan dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketujuh variable dari MTE’s, terdapat empat variable yang diterima dan tiga variable yang ditolak. Local culture, knowledge, involvement, dan novelty secara signifikan terbukti berpengaruh pada revisit intention. Sedangkan hedonism, refreshment, dan meaningfulness tidak terbukti memberukan pengaruh pada revisit intention. Novelty merupakan variable yang memiliki pengaruh terbesar bagi niat wisatawan untuk melakukan kunjungan ulang pada Geopark Karangsambung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Geopark, Memorable tourism, Niat kunjung ulang, Pemasaran wisata, Pengalaman, Tourist industry, Marketing techniques,
Subjects: Urban & Regional Technology & Development > Economic Studies
Economics and Business
Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 19 Mar 2024 07:54
Last Modified: 19 Mar 2024 07:54
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23284

Actions (login required)

View Item
View Item