Manajemen pembelajaran madrasah unggulan dalam upaya mengembangkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Islam (NURIS) Antirogo Jember

Bukadin, Bukadin (2022) Manajemen pembelajaran madrasah unggulan dalam upaya mengembangkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Islam (NURIS) Antirogo Jember. Ihtirom: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1 (2): 5. pp. 138-159. ISSN 2962-9284

[thumbnail of 2962-9284_1_2_2022-5.pdf]
Preview
Text
2962-9284_1_2_2022-5.pdf - Published Version

Download (763kB) | Preview

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran madrasah unggulan yang keberadaannya di bawah naungan lembaga pendidikan pesantren yang dianggap tidak biasa. Sebab, umumnya predikat lembaga unggulan hanya disematkan pada lembaga pendidikan non-pesantren atau sekolah umum lainnya, baik itu tingkat SMP maupun SMA sederajat. Pesantren menurut sebagian persepsi masyarakat, keberadaannya hanya diperuntukkan untuk kalangan marjinal, terpinggirkan, dimana model pendidikannya bersifat sentralistik, kuno, jauh dari kesan modern dan cenderung menstresingkan pada metode pembelajaran tertentu saja, yakni bidang khusus keilmuan kitab kuning sebagai program unggulannya. Tetapi, seiring berjalannya waktu kiprah dunia pendidikan pesantren mulai diperhitungkan keberadaannya. Sebab, tidak sedikit pesantren telah mengalami pergeseran communal (kelompok) yang cukup baik dari masa-kemasa. Hal ini dapat kita lihat dari berbagai macam aspek kemajuan secara umum, salah satunya out-put yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan pesantren belakangan ini terbukti dapat berkiprah sejajar dengan lulusan sekolah umum lainnya. Tidak sedikit alumni pesantren menduduki jabatan strategis baik di tingkat local maupun nasional. Keberhasilan ini tidak lepas dari adanya kurikulum pembelajaran yang disuguhkan di pesantren memiliki keunikan tersendiri bila dibandingkan dengan model pembelajaran sekolah umum lainnya. Pesantren unggulan mengkombinasikan materi ajar umum dengan kitab-kitab kuning klasik yang dipadukan dengan buku sejarah keislaman lainnya. Ini dapat dilihat dari tujuan pendidikan pesantren unggulan secara umum yang memiliki arah tujuan menekankan pada integritas the idea of progress (gagasan tentang kemajuan) bagi anak didik yang menimba ilmu pengetahuan di dalamnya. Misalnya pesantren unggulan sudah mengenal yang namanya konsep manajemen pembelajaran yang baik dan tata kelola lembaga pendidikan menuju sekolah unggul, melalui pola perencanaan, pola pelaksanaan, serta model evaluasi pembelajaran yang dilakukan agar menjadi lembaga pendidikan unggul sebagaimana yang dicita-citakan oleh lembaga pendidikan tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Manajemen pembelajaran, Madrasah unggulan, Mutu pendidikan
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Syifa Naufal Qisty
Date Deposited: 29 Dec 2023 08:54
Last Modified: 29 Dec 2023 08:54
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23221

Actions (login required)

View Item
View Item