Nanang, Kosim and Rukyatul, Hilaliyah and Nanang, Qosim (2022) Strategi pengembangan madrasah tsanawiyah di MTs Nurul Huda Krucil Probolinggo. Ihtirom : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1 (2): 1. pp. 75-89. ISSN 2962-9284
2962-9284_1_2_2022-1.pdf - Published Version
Download (775kB) | Preview
Abstract
Strategi pengembangan madrasah adalah suatu upaya perencanaan dan pengelolaan madrasah yang berfungsi untuk mengarahkan dan mengembangkan madrasah dalam mencapai tujuan pendidikannya, karena madrasah unggul dimaksud sebagai center of excellence yang artinya madrasah unggul diproyeksikan sebagai wadah menampung peserta didik yang terbaik dari berbagai daerah secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan madrasah di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan model analisis interaktif informan perwakilan stakeholder di madrasah. Dari hasil penelitian diketahui strategi pengembangan madrasah yang ada di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda merupakan strategi yang kompleks karena mencakup seluruh aspek yang ada di madrasah. Hal ini dapat ditinjau dari 4 aspek yaitu, keterbukaan organisasi, kualitas dan kompetensi guru, mementingkan mutu, memperkuat jaringan. Dengan begitu, madrasah mampu menjadikan strategi konseptual tersebut menjadi suatu strategi yang dibutuhkan oleh madrasah untuk mengembangkan madrasah unggul.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Pengembangan, Madrasah |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Syifa Naufal Qisty |
Date Deposited: | 29 Dec 2023 08:28 |
Last Modified: | 29 Dec 2023 08:28 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23212 |