Identifikasi masalah dan analisis kebutuhan pengembangan media whatsapp dalam peningkatan pelayanan pelanggan di Indomaret Politeknik 3

Regina, Pakasi and Edwin, Wantah and Jerry, Wuisang (2021) Identifikasi masalah dan analisis kebutuhan pengembangan media whatsapp dalam peningkatan pelayanan pelanggan di Indomaret Politeknik 3. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2 (2). pp. 1-7. ISSN 2774-9185

[thumbnail of Jurnal_Regina Pakasi_Universitas Negeri Manado_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Regina Pakasi_Universitas Negeri Manado_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (155kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi permasalahan pelayanan pelangga Indomaret Politeknik 3 Manado terkait dengan layanan pemasaran dan infomasi produk-produk yang di jual di Toko Indomaret Politeknik 3 Manado. Metode yang d gunakan dalam penelitian ini menggunakan metode survey dengan diperkuat dengan data wawancara mendalam serta Teknik Focus Group Discussion untuk memperkuat hasil survey serta wawancara mendalam. Untuk objek penelitian berada di toko Indomaret Politeknik 3 kota Manado dengan subjek pengambilan data penelitian yaitu 10 orang Konsumen yang sering berbelanja di Inomaret Politeteknik 3 Manado serta seluruh karyawan yang bekerja di indomaret politeknik 3 Manado. Hasil Indentifikasi masalah dan analisis kebutuhan yang dilaksanakan dengan konsumen indomaret politeknik 3 menghasilkan gambaran bahwa kesulitan untuk mendapatkan informasi promosi dan konsumen tidak memahami ketentuan-ketentuan promosi membuat pelanggan yang ada di indomaret politeknik 3 sering salah dalam membeli produk promosi, Untuk analisis kebutuhan akan media WhatsApp yang dikembangkan lewat adanya pemanfaatan promosi serta informasi produk kepada konsumen menghasilkan informasi rata-rata konsumen membutuhakan informasi produk-produk serta bentuk-bentuk promo produk yang di jual oleh pihak indomaret secara online atau berbasis media WhatsApp dengan memanfatkan media WhatssApp yang dikembangkan untuk membantu pemasaran serta infomrasi produk yang di jual oleh Indomaret. Hasil penelitian ini mengambarkan Sebagian besar konsumen sangat membutuhkan pihak indomaret memanfaatkan media WhatssApp dengan fitur-fitur yang ada untuk memudahkan pemasaran produk indomaret serta meningkatkan literasi informasi terkait dengan sarana promosi produk oleh pihak Indomaret Politeknik 3 Manado.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Identifikasi masalah, Analisis kebutuhan, Pengembangan media whatsApp, Problem Identification, Needs Analysis
Subjects: Urban & Regional Technology & Development > Economic Studies
Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: Putu Indra Widiartha
Date Deposited: 22 Mar 2024 08:04
Last Modified: 22 Mar 2024 08:04
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23153

Actions (login required)

View Item
View Item