Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan Pasien rawat jalan di rsud linggajati Kabupaten kuningan tahun 2022

Tati, Yuliani and Rossi, Suparman and Mamlukah, Mamlukah and Lely, Wahyuniar (2022) Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan Pasien rawat jalan di rsud linggajati Kabupaten kuningan tahun 2022. Journal of Health Research Science, 2 (2): 9. pp. 134-143. ISSN 2798-7442

[thumbnail of 2798-7442_2_2_2022-9.pdf]
Preview
Text
2798-7442_2_2_2022-9.pdf - Published Version

Download (548kB) | Preview

Abstract

Kepuasan pasien merupakan hasil dari proses pelayanan yang dirasakan oleh pasien, sehingga kepuasan pasien dapat digunakan untuk menilai kualitas layanan yang diterima oleh pasien. Data pasien rawat jalan di RSUD Linggajati pada tahun 2019 sebanyak 50.769 pasien, tahun 2020 sebanyak 39.537 pasien, lalu pada tahun 2021 menjadi 52.023 pasien. Data kepuasan pasien rawat jalan pada tahun 2019 sebesar (89,6%), tahun 2020 sebesar (87,5%) dan pada tahun 2021 sebesar (90%). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Linggajati Kabupaten Kuningan tahun 2022. Jenis penelitian ini analitik deskriptif dengan desain cross sectional (potong lintang). Populasi penelitian ini berjumlah 52.023 orang dan pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling sebanyak 267 orang. Instrumen penelitian ini mengunakan lembar kuesioner tertutup. Sumber data penelitian ini adalah data primer. Analisis data meliputi analisis univariat, analisis bivariat (Rank Spearman) dan analisis multivariat menggunakan Regresi Logistik. Hasil penelitian ini terdapat hubungan antara kemampuan (p = 0,001), jaminan (p =
0,001), daya tanggap (p = 0,021), empati (p = 0,011) dan ketersediaan sarana prasarana (p = 0,000) dengan kepuasan pasien rawat jalan. Variabel yang paling dominan berhubungan dengan kepusan pasien rawat jalan yaitu jaminan dengan OR 7,904 (95% CI: 1,171 - 9,820).Diharapkan pegawai Rumah Sakit meningkatkan aspek yang mencakup kemampuan, kesopanan dan sifat dapat dipercaya sehingga para pasien rawat jalan merasa terjamin dan bebas dari risiko bahaya atau keragu-raguan ketika melakukan pengobatan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Patient, Outpatient, Satisfaction
Subjects: Health Resources > Health Care Needs & Demands
Medicine & Biology > Clinical Medicine
Depositing User: - Elfrida Meryance Saragih
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:57
Last Modified: 19 Mar 2024 02:57
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23140

Actions (login required)

View Item
View Item