Hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan tentang perizinan apotek di dinas kesehatan Kabupaten Indramayu tahun 2022

Junaeni, Junaeni and Lely, Wahyuniar and Dwi Nastiti, Iswarawanti and Esty, Febriani (2022) Hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan tentang perizinan apotek di dinas kesehatan Kabupaten Indramayu tahun 2022. Journal of Health Research Science, 2 (2): 7. pp. 115-123. ISSN 2798-7442

[thumbnail of 2798-7442_2_2_2022-7.pdf]
Preview
Text
2798-7442_2_2_2022-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (551kB) | Preview

Abstract

Maka kepuasan konsumen Apotek sangat perlu diperhatikan. Hasil survei kepuasan pemilik Apotek di 31 kecamatan di seluruh Kabupaten Indramayu diperoleh hasil kurang puas dengan skor 53,76 pada tahun 2020, kemudian meningkat pada tahun 2021 dengan skor 62,50 meskipun hasilnya masih dalam kategori kurang puas. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan tentang perizinan apotek di Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu tahun 2022. Jenis penelitian ini analitik deskriptif dengan desain cross sectional (potong lintang). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pemilik Apotek sebanyak 159 responden yang tersebar di 31 kecamatan di Kabupaten Indramayu tahun 2022. Instrumen penelitian ini mengunakan lembar kuesioner tertutup. Analisis data meliputi analisis univariat, analisis gap dan analisis bivariat dengan menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Diperoleh gap negative yang artinya harapan pelanggan dengan apa yang diterima pelanggan tentang perizinan Apotek belum sesuai dalam hal kualitas pelayanan. Ada hubungan yang bermakna antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan tentang perizinan Apotek di Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu dengan nilai p = 0,003 dan nilai Correlation Coefficient sebesar 0,233 (kekuatan korelasi lemah). Diharapkan dari hasil penelitian ini Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu lebih meningkatkan kompetensi dan kemampuan petugas dalam melakukan pelayanan kepada pelanggan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, Kepuasan pelanggan, Apotek, Quality of service, Consumer satisfaction, Pharmacy
Subjects: Health Resources > Health Services
Medicine & Biology > Pharmacology & Pharmacological Chemistry
Depositing User: - Elfrida Meryance Saragih
Date Deposited: 19 Mar 2024 03:53
Last Modified: 19 Mar 2024 03:53
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23085

Actions (login required)

View Item
View Item