Artikel ulasan: Bioaktivitas dan kandungan senyawa kimia dari tanaman bunga kupu-kupu (Bauhinia purpurea Linn.)

Adila, R Harda and Shofiah, Sumayyah and Raden, B Indradi (2023) Artikel ulasan: Bioaktivitas dan kandungan senyawa kimia dari tanaman bunga kupu-kupu (Bauhinia purpurea Linn.). IJBP: Indonesian Journal of Biological Pharmacy, 3 (1): 6. pp. 49-54. ISSN 2807-5277

[thumbnail of 2807-5277_3_1_2023-6.pdf]
Preview
Text
2807-5277_3_1_2023-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (317kB) | Preview

Abstract

Bauhinia purpurea L. atau dikenal sebagai tanaman bunga kupu-kupu banyak digunakan sebagai tanaman hijau di tepi jalan dan memiliki bioaktivitas yang berpotensi sebagai obat herbal. Review ini bertujuan untuk mengetahui senyawa kimia dan aktivitas farmakologi yang terdapat dalan Bauhinia purpurea L. baik secara ilmiah (in vitro dan in vivo) maupun secara empiris. Metode yang digunakan dalam review artikel ini adalah dengan pencarian literatur berupa jurnal ilmiah nasional maupun internasional yang diakses dari situs Google Scholar. Sebanyak 17 artikel yang masuk kedalam kriteria inklusi, dan didapatkan kesimpulan bahwa Bauhinia purpurea L. banyak digunakan dalam pengobatan tradisional karena peran berbagai macam senyawa kimia salah satunya flavonoid. Bauhinia purpurea L. memiliki aktivitas farmakologi sebagai antimikroba, antidiabetes, analgesik, anti radang, antiulcer, anti konvulsan dan lain-lain. Bauhinia purpurea L diharapkan dapat digunakan dalam sediaan herbal untuk menyembuhkan atau memperbaiki kesehatan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bauhinia purpurea L, Bioaktivitas, Senyawa kimia. Bauhinia, Plant bioactive compounds, Chemical compounds.
Subjects: Medicine & Biology > Microbiology
Chemistry > Analytical Chemistry
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 03 Nov 2023 03:45
Last Modified: 03 Nov 2023 03:45
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23080

Actions (login required)

View Item
View Item