Johana, Moningka and Jones X, Pontoh and Allen CH, Manongko (2020) Analisis marjin pemasaran cabai rawit di Kecamatan Tondano Selatan Kabupaten Minahasa. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1 (2): 20. pp. 255-266. ISSN 2774-9185
Jurnal_Johana Moningka_Universitas Negeri Manado_2020.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (519kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran cabai rawit di kecamatan tondano selatan kabupaten minahasa, faktor penyebab fluktuasi harga cabai rawit di kecamatan tondano selatan kabupaten minahasa, marjin pemasaran usahatani. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Tondano Selatan Kabupaten Minahasa dengan jumlah sampel 51 orang petani dengan 8 orang pedagang. Metode yang digunakan yaitu metode survei, analisis data yang digunakan yaitu analisis pendapatan dan analisis marjin pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan pendapatan petani berdasarkan luas lahan dan banyaknya cabai yang ditanam dengan komponen biaya yang dikeluarkan, dengan rata-rata sebesar Rp9.151.000. dan untuk saluran pemasaran untuk usahatani cabai rawit di kecamatan tondano selatan kabupaten minahasa terdapat tiga saluran pemasaran yaitu saluran I terdiri dari Petani – Pedagang Pengumpul – Pedagang Pengecer – Konsumen Akhir dengan marjin sebesar Rp20.000 saluran II Petani – Pedagang Pengecer – Konsumen Akhir dengan marjin Rp10.000 dan saluran III Petani – Konsumen Akhir tidak adanya marjin karena merupakan saluran langsung, sehingga saluran ini sangat menguntungkan pihak konsumen.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cabai rawit, Saluran pemasaran, Marjin pemasaran, Spices, Marketing planning, Marketing margins |
Subjects: | Economics and Business |
Depositing User: | Ni Nyoman Mei Antari |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 04:28 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 04:28 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23026 |