Penerapan metode ceramah dan tanya jawab dalam proses pembelajaran daring di SD Kristen di Medan

Risma, Rombe Pabesak and Magdalena, Pranata Santoso (2023) Penerapan metode ceramah dan tanya jawab dalam proses pembelajaran daring di SD Kristen di Medan. Aletheia Christian Educators Journal, 4 (1): 1. pp. 1-8. ISSN 2776-3714

[thumbnail of 2776-3714_4_1_2023-1.pdf]
Preview
Text
2776-3714_4_1_2023-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (546kB) | Preview

Abstract

Perubahan sistem pembelajaran dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring berdampak pada pemilihan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode ceramah dan tanya jawab untuk murid kelas 1 dan kelas 2 di sebuah Sekolah Dasar Kristen di Medan. Observasi dan wawancara diterapkan untuk mengumpulkan data. Tahap analisis meliputi reduksi, penyajian, interpretasi dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan penggunaan metode ceramah dan tanya jawab sangat diperlukan dalam proses pembelajaran daring dengan memperhatikan tahap perkembangan murid. Kombinasi metode ceramah dan tanya jawab perlu diterapkan untuk menciptakan interaksi di kelas. Penerapan gerak-gerik dalam mengajar sangat efektif untuk menarik murid yang berada dalam tahap operasional konkret. Tuhan Yesus juga menggunakan kombinasi metode ceramah dan tanya jawab dalam pengajaran-Nya untuk menceritakan kebenaran serta berinteraksi dengan murid-Nya. Metode ceramah dengan pendekatan bercerita dapat digunakan untuk mengintegrasikan iman Kristiani agar murid memiliki karakter seperti Kristus.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode ceramah, Metode tanya jawab, Pembelajaran daring, Perspektif Kristiani. Teaching methods, Distance education, Christian education.
Subjects: Communication
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Anneke -
Date Deposited: 18 Oct 2023 04:42
Last Modified: 18 Oct 2023 04:42
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22994

Actions (login required)

View Item
View Item