Indy, Indy and Yance, Tawas and Shelty, D. S. Sumual (2020) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dalam menigkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Satap Tumpaan. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1 (2): 15. pp. 1-15. ISSN 2774-9185
Jurnal_Indy_Universitas Negeri Manado_2020.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (440kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pembelajaran Berbasis Masalah ( PBM ) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII. Pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Satap Tumpaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah 341 dengan sampel 34 siswa. Berdasarkan hasil penelitian Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe PBM lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran secara konvensional pada pokok bahasan kegiatan ekonomi. Dari Pengujian Hipotesis minat belajar siswa menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran tipe PBM dan kelas control dengan pembelajaran konvensional. Dengan adanya model pembelajaran kooperatif tipe PBM memberikan pengaruh yang sangat signifikan atau berarti dalam meningkatkan minat hasil belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran kooperatif dan meningkatkan hasil belajar, Learning methods, Problem based learning, Junior high school |
Subjects: | Administration & Management Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Ni Nyoman Mei Antari |
Date Deposited: | 08 Dec 2023 08:07 |
Last Modified: | 08 Dec 2023 08:07 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22969 |