Revitalisasi UKS dalam mendukung pelayanan kesehatan di sekolah dasar inklusi

Riki, Ristanto and Maulana, Arif Murtadho (2023) Revitalisasi UKS dalam mendukung pelayanan kesehatan di sekolah dasar inklusi. Jurnal EMPATI: Edukasi Masyarakat, Pengabdian dan Bakti, 4 (1): 1. pp. 1-9. ISSN 2774-4442

[thumbnail of 2774-4442_4_1_2023-1.pdf]
Preview
Text
2774-4442_4_1_2023-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Beragamnya sarana prasarana dan kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah di sekolah berbasis inklusi SDN Bedali 05 Lawang belum dilengkapi system pencatatan dan manajemen kegiatan yang baik. Tujuan pengabmas ini adalah meningkatkan kelengkapan administrasi dan tata kelola manajemen UKS. Pengabmas ini dilakukan pada 14 - 20 Agustus 2022 di SDN Bedali 05 Lawang Malang. Pengabmas ini menggunakan metode seminar, pendampingan, serta pengadaan alat administrasi dan tata kelola manajemen UKS bagi mitra. Kegiatan ini diikuti oleh Kader Dokter Kecil UKS sejumlah 19 siswa. Target luaran yang dicapai pada pengabmas ini berupa jasa pemberian seminar dan pelatihan serta pendampingan praktik administrasi pelayanan UKS. Target produk kegiatan ini berupa modul sarana belajar mandiri bagi guru dan siswa dan buku-buku pencatatan kegiatan UKS. Program pengabmas ini terbukti dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Kader Dokter Kecil sejumlah 50%. Peningkatan pengetahuan yang paling menonjol adalah pada sub materi macam-macam pencatatan administrasi pelayanan UKS. Ketrampilan Kader Dokter Kecil juga mengalami peningkatan sejumlah 35%. Peningkatan ketrampilan yang paling mencolok ada pada pencatatan anak sakit dan inventaris barang dan obat. Diharapkan Kader Dokter Kecil di SDN Bedali 05 Lawang dapat melaksanakan kegiatan ini secara berkelanjutan dan mandiri dan semoga dapat menginspirasi bagi UKS Sekolah Dasar berbasis inklusi di tempat lainnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Administrasi pelayanan, Kader dokter kecil, Manajemen, UKS. Academic Fasilities, Medical Office, Management.
Subjects: Health Resources
Urban & Regional Technology & Development > Health Services
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:23
Last Modified: 10 Oct 2023 04:23
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22861

Actions (login required)

View Item
View Item