Pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan (studi kasus pada perusahaan sub sektor barang konsumen non- primer (consumer cyclicals) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020)

Elba Damayanti and Hendri Maulana and Maria Lusiana Yulianti and Deden Komar Priatna (2023) Pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan (studi kasus pada perusahaan sub sektor barang konsumen non- primer (consumer cyclicals) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020). Jurnal Humaniora, Ekonomi Syariah dan Muamalah, 1 (1): 3. pp. 25-43. ISSN 2964-6065

[thumbnail of 2964-6065_1_1_2023-3.pdf]
Preview
Text
2964-6065_1_1_2023-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (862kB) | Preview

Abstract

Setiap perusahaan dalam menjalan usahanya membutuhkan dana untuk membiayai kegiatan operasioanal perusahaan. Beberapa sumber dana dapat dipilih atau digunakan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan modal perusahaan. Manajemen sebagai pengelola perusahaan dalam menentukan sumber-sumber pendanaan harus menganalisis seberapa komposisi hutang dan modal sendiri yang digunakan dalam menggali sumber dana. Komposisi pendanaan yang optimal dapat diperoleh dengan menggunakan alat analisis struktur modal. Nilai perusahaan memiliki pengaruh besar terhadap keputusan investasi para investor, karena nilai perusahaan dapat mencerminkan kestabilan keuangan dan tingkat resiko yang dihadapi perusahaan. Investor cenderung memilih perusahaan yang memiliki nilai perusahaan yang tinggi karena perusahaan tersebut memiliki prospek yang baik dimasa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strukur modal dan nilai perusahaan serta seberapa besar pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan pada sektor barang konsumen non-primer (consumer cyclicals) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan tahun 2020 dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur modal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Perbedaan penelitian dengan penelitian sebelumnya adalah pada objek, populasi dan sampel penelitian, periode penelitian, alat ukur dan hasil penelitian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strukur modal, nilai perusahaan, sektor barang konsumen non-primer
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 20 Nov 2023 02:31
Last Modified: 20 Nov 2023 02:48
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22755

Actions (login required)

View Item
View Item