Pengaruh kualitas pelayanan dan experiental marketing terhadap kepuasan pelanggan pengguna Firstmedia

Suci, Pertiwi (2023) Pengaruh kualitas pelayanan dan experiental marketing terhadap kepuasan pelanggan pengguna Firstmedia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil : JWEM, 13 (1): 9. pp. 92-99. ISSN 2088-9607

[thumbnail of 2088-9607_13_1_2023-9.pdf]
Preview
Text
2088-9607_13_1_2023-9.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (248kB) | Preview

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, internet bukan hanya sekedar sebagai kebutuhan sekunder bagi masyarakat di Indonesia, jaringan internet dapat mempermudah pekerjaan maupun untuk hiburan semata. Terjadi peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia sejak diberlakukan work from home dari pemerintah sebagai tindakan preventif untuk penyebaran wabah Covid-19. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan experiential marketing terhadap kepuasan pelanggan pengguna Firstmedia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dilakukan penyebaran kuesioner terhadap 310 sampel yaitu pelanggan pengguna Firstmedia. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Pengujian secara parsial (Uji t) menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan experiential marketing berpengaruh terhadap kepuasan pelanggangan pengguna Firstmedia. Secara simultan (Uji F) menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan experiential marketing berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pengguna Firstmedia. Nilai Adjusted R.Square menunjukkanan bahwa variabel pemulihan layanan dan experiential marketing dapat menjelaskan variasi terhadap kepuasan pelanggan pengguna Firstmedia sebesar 81.3% dan sisanya sebesar 18.7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Experiential marketing, Kepuasan pelanggan, Quality of services, Consumer satisfaction
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: - Anneke
Date Deposited: 01 Feb 2024 07:23
Last Modified: 01 Feb 2024 07:23
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22747

Actions (login required)

View Item
View Item