Efektivitas pembelajaran triase berbasis simulasi terhadap kompetensi triase mahasiswa keperawatan pada prodi D-III Keperawatan Aceh Tenggara Poltekkes Kemenkes Aceh

Devi, Susanti (2023) Efektivitas pembelajaran triase berbasis simulasi terhadap kompetensi triase mahasiswa keperawatan pada prodi D-III Keperawatan Aceh Tenggara Poltekkes Kemenkes Aceh. MAHESA : Malahayati Health Student Journal, 3 (3): 26. pp. 872-881. ISSN 2746-198X

[thumbnail of 2746-198X_3_3_2023-26.pdf]
Preview
Text
2746-198X_3_3_2023-26.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (240kB) | Preview

Abstract

Pelayanan gawat darurat membutuhkan akses tepat waktu dan kompetensi yang sesuai dalam menjamin keselamatan pasien. Kompetensi triase mendukung kinerja tugas keperawatan dan self-efficacy perawat di bagian gawat darurat. Namun, kompetensi triase perawat masih rendah dari aspek pengetahuan triase perawat yang kurang, praktik dan sikap perawat negatif. Program pendidikan praktek klinis harus dikembangkan untuk meningkatkan kompetensi penalaran klinis dalam rangka meningkatan kompetensi triase mahasiswa perawat. Pembelajaran triase berbasis simulasi merupakan metode pengajaran dengan mendesain konsep triase, pembahasan kasus dan simulasi tindakan tiase ke dalam media video. Penggunaan video dalam pembelajaran triase termasuk metode yang bersifat kreatif dan inovatif dalam meningkatkan motivasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas pembelajaran triase berbasis simulasi terhadap kompetensi triase mahasiswa keperawatan pada Program Studi D-III Keperawatan Poltekkes Kemenkes Aceh. Desain penelitian ini adalah penelitian quasi experimental dengan pendekatan pre and post test without control. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa program studi D-III Keperawatan Aceh Tenggara, Poltekkes Kemenkes Aceh yang berjumlah 76 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dan harus memenuhi kriteria inklusi. Hasil analisis data dengan menggunakan uji wilcoxon didapatkan bahwa rerata kompetensi triase mahasiswa keperawatan sebelum pembelajaran triase berbasis simulasi adalah 118,43. Rerata kompetensi triase mahasiswa keperawatan setelah pembelajaran triase berbasis simulasi yaitu 162,97. Terdapat pengaruh signifikan kolaborasi e-learning manajemen keperawatan terhadap peningkatan kompetensi mahasiswa keperawatan. Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran kompetensi triase berbasis simulasi terhadap peningkatan kompetensi triase mahasiswa keperawatan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka disarankan kepada pendidik agar dapat mendesain video tindakan keperawatan dalam menerapkan metode pembelajaran berbasis simulasi untuk pencapaian kompetensi triase mahasiswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Keperawatan, Triase, Simulasi. Competence, Nursing, Efficacy expectations.
Subjects: Health Resources > Health Education & Manpower Training
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Anneke -
Date Deposited: 09 Oct 2023 04:16
Last Modified: 09 Oct 2023 04:16
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22721

Actions (login required)

View Item
View Item