Resiko kanker serviks pada wanita dengan menggunakan instrument siNara (Indonesian Self-Risk Assessment For Cervical Cancer)

Veronica, Silalahi and Yuni, Kurniawaty (2023) Resiko kanker serviks pada wanita dengan menggunakan instrument siNara (Indonesian Self-Risk Assessment For Cervical Cancer). MAHESA : Malahayati Health Student Journal, 3 (3): 16. pp. 752-760. ISSN 2746-198X

[thumbnail of 2746-198X_3_3_2023-16.pdf]
Preview
Text
2746-198X_3_3_2023-16.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (245kB) | Preview

Abstract

Kanker serviks adalah kanker yang terjadi pada mulut rahim (serviks) dan disebabkan oleh penularan virus HPV (Human Papiloma Virus). Beberapa faktor yang menyebabkan masih rendahnya skrining kanker serviks adalah rasa nyeri dan tidak nyaman saat skrining seperti IVA dan Pap Smear, khawatir akan hasil pemeriksaan, harga yang mahal, kurangnya pengetahuan dan kesadaran untuk skrining, kurangnya dukungan suami dan keluarga Diantara banyaknya faktor tersebut, kurangnya kesadaran dan pengetahuan wanita tentang pentingnya melakukan skrining menjadi penghambat yang paling besar dalam melakukan skrining. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui gambaran resiko kanker serviks pada wanita dengan menggunakan instrumen SiNara (Indonesian Self-Risk Assessment For Cervical Cancer) di Dasawisma 2 RT 23 RW 04 Taman Pondok Jati Geluran Sidoarjo. Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan populasi penelitian para ibu yang berusia 30-65 tahun dan sudah menikah. Teknik sampling menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel 50 responden. Instumen yang digunakan dalam penelitian alat ukur SiNara (Indonesian Self-Risk Assessment For Cervical Cancer). Hasil penelitian menunjukkan Sebagian besar (84%) responden beresiko mengalami kanker serviks. Dari hasi penelitian ini diharapkan para ibu di RT 23 RW 04 Taman Pondok Jati Geluran Sidoarjo dapat melakukan skrining secara rutin, kemudian dapat juga menjadwalkan untuk menerima vaksin HPV. Pihak RT RW, pemuka agama, dan pemangku kebijakan, dapat bekerja sama dengan Rumah Sakit terdekat untuk bisa memberikan layanan vaksin HPV dengan harga terjangkau sehingga warga dapat menerima vaksin HPV.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kanker serviks, Instrumen SiNara.Cancer, Women, Cancer Therapy.
Subjects: Health Resources
Health Resources > Health Care Technology
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:26
Last Modified: 09 Oct 2023 03:26
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22711

Actions (login required)

View Item
View Item