Hubungan antara perilaku cerdik dengan tekanan darah pada penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Kuripan

Ernawati, Ernawati and Afni, Dewi Aprilia and Baik, Heny Rispawati (2023) Hubungan antara perilaku cerdik dengan tekanan darah pada penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Kuripan. MAHESA : Malahayati Health Student Journal, 3 (3): 13. pp. 722-733. ISSN 2746-198X

[thumbnail of 2746-198X_3_3_2023-13.pdf]
Preview
Text
2746-198X_3_3_2023-13.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (262kB) | Preview

Abstract

Prevalensi hipertensi secara global masih terus mengalami peningkatan dan penyebab utama kejadian strok, serangan jantung dan berbagai penyakit kronik lainnya. Pemerintah mengimbau penerapan perilaku CERDIK untuk mencegah komplikasi pada penderita hipertensi. Namun masih kurangnya kepatuhan penerapan perilaku tersebut menjadi salah satu faktor yang menyebabkan peningkatan tekanan darah walaupun informasi telah banyak dan berkembang luas di masyarakat hipertensi. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara perilaku CERDIK dengan tekanan darah pada penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Kuripan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan desain penelitian cross sectional study dengan sampel diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuisioner dan dianalisis menggunakan uji korelasi spearman rho. Hasil penelitian didapatkan perilaku CERDIK pada kriteria cukup sebanyak 27 responden (35,5%) dengan tekanan darah tidak terkontrol sebanyak 51 responden (51,7%), sedangkan berdasarkan uji analisa korelasi spearman rho didapatkan nilai dengan p-value < 0,05 dimana terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan antara perilaku CERDIK dengan tekanan darah pada penderita hipertensi di Puskesmas Kuripan serta hasil pada koefisien korelasi menunjukkan 0,513 dengan nilai positif artinya tingkat kekuatan korelasi sedang dengan arah korelasi bersifat searah, semakin meningkat perilaku cerdik seseorang maka tekanan darah semakin bisa terkontrol dengan p-value sebesar < 0,05 (0,000). Penguatan promosi kesehatan pada penderita risiko tinggi Hipertensi dan meningkatkan deteksi dini sehingga meminimalisir komplikasi penyakit.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, CERDIK, Tekanan darah, Kontrol. hypertension, Basic health education, Blood pressure.
Subjects: Health Resources
Health Resources > Health Care Measurement Methodology
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:02
Last Modified: 09 Oct 2023 03:02
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22708

Actions (login required)

View Item
View Item