Keterlibatan keluarga dalam pelayanan kesehatan primer: Scoping review

Catharina, Guinda Diannita and Evanny, Indah Manurung and Erniyati, Fangidae (2023) Keterlibatan keluarga dalam pelayanan kesehatan primer: Scoping review. MAHESA : Malahayati Health Student Journal, 3 (3): 12. pp. 711-721. ISSN 2746-198X

[thumbnail of 2746-198X_3_3_2023-12.pdf]
Preview
Text
2746-198X_3_3_2023-12.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (326kB) | Preview

Abstract

Pelayanan kesehatan primer merupakan bentuk kontak pertama individu, keluarga atau masyarakat dengan sistem pelayanan. Pelayanan kesehatan primer yang optimal dapat tercapai salah satunya dengan adanya dukungan dari anggota keluarga dan klien. Tujuan untuk mengidentifikasi keterlibatan keluarga dan klien dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan primer. Metode penelitian dengan pencarian dari tiga database meliputi EBSCOhost, PubMed dan JSTOR, dengan kriteria artikel penelitian primer, bahasa Inggris yang dipublikasikan pada tahun 2013-2023. Artikel yang diikutsertakan dalam studi ini adalah artikel yang membahas mengenai keterlibatan keluarga maupun keterlibatan klien dalam pelayanan kesehatan primer. Artikel yang ditemukan kemudian dianalisa dengan menggunakan metode kualitatif konten analisis. 11 artikel penelitian memenuhi syarat dan dilakukan analisis, sehingga ditemukan tiga tema utama keterlibatan keluarga dalam pelayanan kesehatan primer: (i) peran dalam komunikasi, (ii) kolaborasi keluarga, klien dan penyedia layanan kesehatan primer, (iii) hambatan keterlibatan keluarga. Keluarga memberikan dukungan komunikasi serta kolaborasi dan partnership antara keluarga dan tenaga kesehatan professional. Meskipun tidak semua pelayanan kesehatan primer mampu berkolaborasi secara optimal dan menemukan hambatan untuk ikut melibatkan keluarga dan klien, namun upaya tenaga kesehatan serta merencanakan program yang turut melibatkan memperkuat pelayanan kesehatan dasar, meningkatkan kualitas dan standar SDM, memperjelas tugas dan tanggung keluarga dan klien dalam upaya perawatan dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan dan meningkatkan kualitas pelayanan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan pasien, Keterlibatan keluarga, Perawatan kesehatan primer. Hospital patients, Primary health care, Family.
Subjects: Health Resources > Health Services
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: - Anneke -
Date Deposited: 05 Oct 2023 07:54
Last Modified: 05 Oct 2023 07:54
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22707

Actions (login required)

View Item
View Item